Wednesday, December 30, 2015

REVIEW STAR WARS: THE FORCE AWAKENS (2015)



Sutradara: J.J. Abrams
Produser: Kathleen Kennedy, J.J Abrams, dan Bryan Burk.
Penulis Naskah:  Lawrence Kasdan, J.J Abrams, dan Michael Arndt
Pemain: Harrison Ford, Mark Hamill, Carrie Fisher, Adam Driver, Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac, Lupita Nyong'o, Andy Serkis, Domhnall Gleeson, Anthony Daniels, Peter Mayhew, dan Max von Sydow

Sekitar 30 tahun setelah Death Star Ke-dua telah hancur, Luke Skywalker (Mark Hamill), Seorang Jedi yang terakhir, telah menghilang. First Order bangkit setelah jatuhnya kekuasaan Galactic Empire dan berusaha untuk menghilangkan Luke dan kekuasaan Republik. Kelompok Resistance yang didukung oleh Republik dan dipimpin oleh Leia Organa (Carrie Fisher), menentang mereka sambil mencari Luke untuk meminta bantuannya.

Pilot Resistance, Poe Dameron (Oscar Isaac) yang sedang berusaha mencari peta lokasi Luke di Planet Jakku, diserang oleh Stormtroopers di bawah komando Kylo Ren (Adam Driver). Droid BB-8 berhasil lolos dengan membawa peta tersebut, dan bertemu dengan pemulung, Rey (Daisy Ridley), di pemukiman barang rongsokan. Di sisi lain seorang Stromtrooper FN-2187, tidak bisa membunuh untuk First Order, membebaskan Poe dan mereka melarikan diri dengan cara mencuri pesawat TIE Fighter. Poe memberikan nama stromtrooper FN-2187 itu dengan nama Finn. Mereka mengalami kecelakaan dan Pesawatnya jatuh di Planet Jakku. Finn satu-satunya korban yang selamat dari kecelakaan tersebut bertemu dengan Rey dan BB-8. Mereka menghindar dari buruan First Order dan membawa kabur pesawat rongsokan, Millenium Falcon.

Falcon tersebut segera diambil dan dikemudikan oleh Han Solo (Harrison Ford) dan Chewbacca (Peter Mayhew). Han menjelaskan bahwa Luke mencoba kembali membangun pemerintahan Jedi yang baru, tetapi dia pergi mengasingkan diri setelah muridnya berpaling ke Sisi Gelap dan menghancurkan segala sesuatu yang dibangun oleh Luke. Mampukah mereka menemukan keberadaan Luke?

Dear pembaca, mohon maaf sinopsis di atas saya kutip dari wikipedia Star Wars. Karena sejujurnya, ini adalah kali pertama saya menonton seri Star Wars. Ok, silahkan katai saya norak hahahahaha... Awalnya saya penasaran ingin meonton karena ada tiga aktor kebanggaan Indonesia yang ikut berperan sebagai gang Kanjiclub, yakni Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Cecep Arif Rahman. Walau kehadirannya hanya sekelebat, tapi ini merupakan prestasi yang membanggakan. Saya juga tidak berharap banyak karena minimnya pengetahuan soal cerita Star Wars. Namun J.J Abrams telah menciptakan sebuat tontonan yang jauh melampaui ekspektasi saya.

Plot cerita dibuat sesederhana mungkin agar orang awam yang baru pertama kali nonton Star Wars seperti saya bisa mengerti. Porsi scene tegang dan lucu seimbang. Para pemain memainkan karakternya dengan baik, terdapat plot twist dari karakter Ren yang benar-benar menipu saya dan juga menyayat hati. Theme song khas Star Wars tidak kalah menambah ketegangan. Kini saya paham, mengapa koleksi figur karakter Star Wars laku di pasaran. Mengapa setiap film yang dikeluarkan laku keras. Mengapa banyak fans yang sangat fanatik terhadap Star Wars. Dan sekarang saya serta si mas siap untuk menonton film-film Star Wars terdahulu sambil menunggu episode ke VIII keluar!

No comments:

Post a Comment

Pages - Menu